Saturday 20 January 2018

Laporan adalah karangan yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan. Laporan dapat berupa laporan perjalanan, laporan kegiatan atau laporan pengamatan. Laporan perjalanan yaitu laporan yang dibuat berkenaan dengan perjalanan suatu kegiatan. Dalam isinya laporan jenis ini akan mengungkapkan hal-hal yang terjadi selama perjalanan yang dilakukan dari satu titik ke titik tujuan yang lain.


Laporan kegiatan yaitu laporan yang dibuat berkenaan dengan kegiatan yang dilaksanakan. Isi laporan  ini  mengungkapkan hal-hal yang berhubungan dengan suatu kegiatan dari mulai persiapan, pelaksanaan, dan akhir dari kegiatan atau hasil yang dicapai dalam kegiatan tersebut. Laporan pengamatan yaitu laporan yang mengungkapkan hasil dari pengamatan atau observasi terhadap sesuatu hal.

Laporan ditulis sebagai pertanggungjawaban setelah melakukan kegiatan ilmiah atau resmi. Laporan dapat disampaikan dalam bentuk tulis maupun secara lisan (dibacakan). Menganalisis laporan adalah suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Penelitian atau kajian dalam hal ini meliputi kegiatan:
1.      Memahami isi laporan secara bentuk, isi, maupun kebahasaan.
2.      Mengurangi secara detail/rinci isi laporan.

3.   Memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap laporan berdasarkan suatu teori atau defi nisi  (referensial).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Search This Blog

Popular Post

Pengunjung

- Copyright © Materi Pelajaran SMP/MTs -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -