Thursday 2 April 2020


Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata     قَرَأَ يَقْرَأُ قُرْآنَ  yang berarti membaca bacaan. Al-Qur’an berarti bacaan yang sempurna.
Kesempurnaan al-Qur’an sebagai bacaan dibandingkan dengan bacaan yang ada dibuktikan dengan:
1.      Dibaca oleh ratusan juta manusia, meskipun mereka tidak tahu artinya dan tidak dapat menulis aksaranya
2.      Diatur tata cara membacanya, panjang pendeknya, tebal tipis ucapannya, sampai pada etika membacanya
3.      Dipelajari susunan kata dan kosa katanya, dan juga makna kandungannya
4.      Dan lain-lain.

Sedangkan al-Qur’an menurut Istilah adalah: Wahyu Allah yang diturunkan kepada  Nabi Muhamad saw. secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril dan membacanya  adalah ibadah. Rasulullah banyak menerima wahyu dari Allah baik seca ra langsung maupun  perantara Malaikat Jibril dan dibukukan, tetapi tidak disebut Al-Qur’an dan membaca tidak  dinilai ibadah.

            Dari kutipan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang isinya mengandung firman Allah, turunnya secara bertahap melalui malaikat Jibril, pembawanya Nabi Muhammad Saw., susunannya dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas, membacanya bernilai ibadah, fungsinya Antara lain sebagai hujjah
atau bukti yang kuat atas kerasulan Muhammad Saw., keberadaannya hingga kini masihtetap terpelihara dengan baik, dan pemasyarakatannya dilakukan secara berantai dari satu  generasi ke generasi lain dengan tulisan maupun lisan.
         Hadis berasal dari kata  حَدَثَ  yang berarti baru, peristiwa, muda, perkataan, cerita.  Adapun menurut istilah Hadis adalah segala sikap, perkataan, perbuatan dan penetapan/persetujuan (taqrir) Rasulullah Saw.  Sunah Nabi direkam dalam Hadis, yang dihafalkan,, disebarkan dan ditradisikan oleh para sahabat, tabi’in, para ulama.
          Secara Harfiyah,  Hadis berarti  jalan hidup yang dibiasakan, berita, Perkataan, yang dihafalkan, disebarkan dan ditradisikan oleh para sahabat, tabi’in, para ulama. Terkadang jalan tersebut ada yang baik dan ada pula yang buruk

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Search This Blog

Popular Post

Pengunjung

- Copyright © Materi Pelajaran SMP/MTs -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -