Wednesday 16 February 2011


Ekosistem adalah suatu tempat yang didalamnya terjadi hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, system dibentuk oleh satuan-satuan makhluk hidup dan makhluk tak hidup. satuan-satuan makhluk penyusun ekosistem sebagai berikut.
·         individu adalah organisne yang hidup berdiri sendiri yang secara fisiologi bersifat bebas atau sebutan untuk suatu makhluk hidup tunggal.
·         populasi adalah kelompok organisme sejenis yang tinggal dihabibat tertentu.
·         komunitas adalah kelompok organisme yang hidup dan saling berinteraksi dalam suatu habibat tertentu. contoh berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat dihalaman sekolah.
·         Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk hubungan timbal balik, contoh komunitas kerbau, burung jalak dan rumput yang saling berinteraksi.
·         bioma adalah kesatuan beberapa ekosistem yang ekosistem yang terdapat diwilayah geografis yang sama dengan iklim dan kondisi yang sama pula. contoh bioma tundra, bioma hutan hujan tropis, dan bioma sabana.
·         biosfer adalah kesatuan berbagai macam ekosistem atau bagian bumi tempat makhluk hidup tinggal. biosfer meliputi semua bagian dari lapisan bumi yang paling atas, seperti air, atmosfer dan berbagai macam ekosistem.
ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik, komponen biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai yang saling berinteraksi. interaksi makhluk hidup terutama dalam hubungan makan dimakan yang dikenal dengan mata rantai makanan. rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dana arah tertentu. rantai makanan dimulai dari produsen yang  dimakan oleh konsumen selanjutnya konsumen mati dan dirombak oleh pengurai. beberapa rantai makanan akan saling berhubungan membentuk jarring-jaring makanan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Search This Blog

Popular Post

Pengunjung

- Copyright © Materi Pelajaran SMP/MTs -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -